15

Nasehat Yang Tak Terhiraukan

Follow Twitter Bang Aries @putra_saboerai atau langsung KLIK DISINI
Dan jangan lupa juga kunjungi blog Bang Aries di BLOGdetik klik DISINI
Nasihat Yang Tak terhiraukan


“Tyo…. Tyo….Tyo…..Tyo….Tyooo…..”

Hanya sorakan meriah dari supporter yang terdengar ketika dua orang pembalap liar itu sedang saling memandang. Menatap penuh dengan kesinisan. Seolah kedua nya ingin menikam satu sama lain. Di sebrang sebelah kanan terilihat pemuda yang berbadan agak gemuk, dialah Tyo, seorang pembalap liar yang sangat jarang bisa mengalahkan nya. Satu kota tempat tinggal nya hanya ada satu pembalap liar yang pernah bisa mengalahkan nya. Akbar yang notabene nya adalah sahabat Tyo sendiri. Dua mahluk yang sangat akbrab itu amat piawai menunggangi si Kuda besi. Meliuk liuk dan menyelip di keramain jalan raya. Terkadang di hiasi dengan gaya freestyle. Sayang nya, sudah dua tahun Akbar meninggalkan dunia itu.
***

Ketakutan Yang Terjadi
Setelah mandi, dan  menunaikan ibadah shalat ashar, Akbar mengajak adik nya yang masih duduk di bangku SD itu ngabuburit. Budaya masyarakat Indonesia pada bulan Ramadhan yang tak pernah tertinggal. Seperti nya adik dan kakak itu asik menyusuri jalan raya untuk menunggu waktu berbuka tiba.
Tiba – tiba saja, Akbar melihat banyak orang sedang berkrumun. Terlihat juga ada beberapa Polisi disekitar nya. Merasa sangat penasaran, Akbar segera menghentikan laju sepeda motor dan langsung menuju  kerumunan itu.
“ Tyooooooooo……………”
Akbar menjerit histeris karena sangat kaget, ketika melihat sahabat karib nya bersimbah darah dan tergeletak tak bernyawa. Ketakutan yang Ia alami ahir – ahir ini ternyata terjadi juga.
Segera ia mencari tau kronologis kejadia kepada teman lama nya bernama Leo yang kebetulan ikut andil dalam tragedi balap liar itu.
Ketika Tyo sedang memicu Ninja R nya dengan kecepatan tinggi, tiba – tiba terjadi pecah ban depan. Seketika itu motor Tyo oleng dan menabrak pagar beton rumah. Sedang kan Tyo sendiri tak mengenakan Helm. Na’as tak dapat dihindari lagi. Nyawa nya tak dapat di selamatkan.
Akbar mengmbil nafas panjang dan mengeluarkan nya perlahan. Ia masih ingat betul 8 hari yang lalu ketika member nasehat Tyo. Andai saja Waktu itu Tyo mau mendengarkan nasehat nya. Seperti nya Akbar tak mampu membendung air mata nya. Tetes demi tetes memberontak keluar.
Kini Ia hanya bisa pasrah dan berdoa kepada Allah SWT.
***

8 Hari Yang Lalu
Terik matahari terasa sangat menyengat sekali. Tampak seorang pemuda sedang mengendarai sepeda motor nya menyusuri lorong demi lorong komplek perumahan. Ingin rasa nya ia sampai kerumah sahabat karib nya sejak SD yang sudah hampir 2 tahun berpisah karena Akbar melanjutkan SMA nya ke sebuah Pesantren di Jawa Timur. Sebenar nya itu atas kemauan ayah nya. Ayah nya sangat prihatin dengan keadaan Akbar yang terjerumus ke pergaulan yang salah. Masih duduk di bangku SMP sudah mengenal minuman keras, Ganja dan Lain  sebagai nya. Itulah sebab nya Ayah nya bersikeras memondok kan Akbar di Pesantren yang jauh dari tempat tinggal nya.
“Hallo Sobat, Apa kabar ?”
“Alhamdulillah sehat Yo. Lo sendiri gimana?”
“Seperti yang lo liat. Gue sehat – sehat aja kan. Oya mau minum apa lo?”
“Eh… Lo kagak puasa nyo …?”
“hahahaha :D Apa lo bilang?”
“Iya puasa. Ini kan bulan ramdhan…!”
“jadi lo sekarang kenal puasa. Kalo gue si males amat, apa untung nya puasa? Yang di dapet cuma laper dan haus doang kan.”
“Lo itu kan Islam nyo. Lo masih tetep aja kaya dulu..?”
“Iya gak lah. Gue sekarang tambah gemuk. Tambah ganteng..”.
“Bukan itu yang gue maksud. Lo tu udah dewasa, umur lo udah 18 tahun. Seharus nya lo sadar kalo lo udah wajib Puasa nyo!”
“Gue masih muda man. Umur gue masih panajang. Gue pengen happy – happy dulu. Tobat nya kalo udah tua aja. Hahahhaa :D”
“Emang lo tau kapan lo mati? Inget ya nyo, umur manusia itu ada di tangan Tuhan. Gak ada satupun manusia itu tau akan kematian nya. Iya kalo umur lo sampek tua, tapi kalo besok atau bahkan nanti lo mati gimana? Lo tau kan kalo puasa Ramadhan itu Wajib”.
“Wiiiiiihhhhh…… Sahabat gue udah jadi ustadz? Di Pesantren karena paksaan Bokap aja mau nyeramahin gue..”
“Tyo, Sahabat gue yang paling baek, Gue bukan ustadz, gue bukan Kyai. Memang itu awal nya atas kemaun bokap gue Yo. Tapi gue sekarang bersyukur gue bisa masuk di Pesantren. Lo juga tau kan kalo gue dulu seneng mabuk, nyimeng, gak pernah puasa sama kaya lo gitu! Itu karena dulu gue belum tau hukum – hukum nya secara jelas dan hati gue bener – bener buta. Gue juga berfikiran sama kaya lo. Tapi sekarang gue udah tau kalo puasa Ramadhan itu wajib.  Seperti yang telah Allah Firmankan kedalam Al-Qur’an :


يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ


“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”
 (Q.S Al Baqarah : 183)
Apa Firman Allah di atas kurang jelas?  Kita sebagai Orang Islam yang masih memiliki Iman kepada Allah Wajib menunaikan Puasa nyo
“Udah dehh… Lo kalo mau ceramah di masjid aja sono. Panas kuping gue denger ceramah – ceramahh lo. Mana Akbar sahabat sejati yang dulu gue kenal? Sekarang mending lo sebutin mau minum apa? Red Label, Jack Daniel atau apalah yang lo mau. Gue turutin sekarang juga. Kalo lo gak mau minum, berarti lo bukan sahabat gue lagi.”
“Justru itu Yo, gue ini sahabat lo. Gue peduli dengan lo. Gue gak mau sahabat terbaik gue terus terjerumus kejalan syetan Yo. Gue gak mau melihat temen gue mati sebelum ia sadar kepada Allah SWT. Ini adalah tugas dan tanggung jawab gue sebagai seorang sahabat. Kalo gue gak nyampein ini, gue bakal di tuntut di ahirat nanti ”.
“Agggghhhhrrr…. Udah deh Bar, hentikan omong kosong lo itu. Gue muak denger nya. Ini bukan urusan lo!gue tau apa yang harus gue lakuin. Mending lo urus diri lo sendiri deh..”
“Kenapa si lo gak mau denger nasehat gue Yo…?”
“Woooyy….  Baru jadi santri aja lo udah sok nasehatin gue. Orang tue gue aja gak ngelarang gue mau ngapain aja. Usatadz dan Kyai senior aja gak berani nyeramahin gue. Meding lo pergi deh..”
“Oke deh, gue pergi. Tapin inget Yo, suatu saat lo bakal tau kalo yang lo lakuin itu salah..”
“Udah buruan deh pergi, masih untung lo sahabat gue. Kalo bukan udah gue Tabok mulut lo dari tadi”.
Akbar bergegas pergi meninggalkan rumah Tyo. Dalam hati nya sangat bersedih karena ia tidak berhasil menyadarkan sahabat karib nya. “Yaa Allah, kenapa engkau tidak membukan pintu hidayah kepada nya? Apa aku salah menyampaikan kebenaran ini. Atau memang cara ku yang keliru sehingga tidak bisa di terima nya. Yaa Allah, Semoga Engkau lekas memberikan sahabat terbaik ku hidayah. Amin”.
Karya Kecil yang Tak Berarti by Ariestya (Bang Aries)
" Semoga Selalu ada Hikmah dibalik Bulan Ramadhan "


15 komentar:

Anonim mengatakan... Reply Comment

keren :)

Sepatu Bogor mengatakan... Reply Comment

@seopemulaseo:
Makasih Bang.. Mana Kritik dan Saran nya :o :v

Jos Bloko mengatakan... Reply Comment

Kasihan banget sahabat kamu bar.
bagaimanapun juga dia adalah temenmu sendiri. pasti sedih melihat temen deket yang dulu pernah balapan bersama meninggal secara mengenaskan.

Sepatu Bogor mengatakan... Reply Comment

@Jos Bloko:
iya mas akbar lagi nangis.. hiks hiks T.T
ini gag real kok mas.. hahaha :D
Fiktif belaka... :)
Makasih mas Komentar nya,,,

Unknown mengatakan... Reply Comment

Marhaban ya Ramadhan Sobat ku Poetra Saburai..
Idzin simak artikel catatan-cerpen nya sueer niche dh..
silahkan visit back nya di : http://karristaent.blogspot.com/2013/02/wasiat-seorang-bapak-kepada-anaknya.html

Sepatu Bogor mengatakan... Reply Comment

@Saud Karrysta:
Marhaban Yaa Ramdhan Juga bang Saud Karrysta... Semoga Puasa Nya lancar selalu. Amin...
Siap meluncur sobat :D

Unknown mengatakan... Reply Comment

Marhaban Yaa Ramadhan bng aries,
salut sama cerpen2 ny :)
semangat menulis :)
terima kasih telah berkunjung ke blog aq juga hhe...

Sepatu Bogor mengatakan... Reply Comment

@Pudja Kusumah:
Marhaban Yaa Ramdhan Juga Bang Pudja..
Semoga lancar terus deh puasa nya. Amin

Iya makasih bang kunjungan balik nya :D

Anonim mengatakan... Reply Comment

Sangat disayangkan.
Sahabatmu meninggal belum sempet bertaubat :-(

Poetra Saburai mengatakan... Reply Comment

@websitemini:

Iya ni om. Tapi untung ny itu fiktif.. hahaha :D

Unknown mengatakan... Reply Comment

Assalam muallaikum Bang Poetra.. hanya singgah Bang dan berkunjung saja semoga Sahabt blog sehat dan baik2 saja Amien,.
Selamat menjalankan Ibadah Puas yah Bang Poetra..?

Sepatu Bogor mengatakan... Reply Comment

@Saud Karrysta:

Walaikum salam bang karrysta. Alhamdulillah Allah SWT selalu melindungi. hehe
Semoga bang Karrysta dan keluarga juga diberikan kesehatan selalu. Amin
Iya bang, sama2 ya.. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga puasa nyaa diberikan kelancaran. Amin

HP Yitno mengatakan... Reply Comment

Untungnya hanya fiktif, kalau beneran bisa masuk industri perfilm-an yang diangkat dari kisah nyata hehehe

Poetra Saburai mengatakan... Reply Comment

@HP Yitno:
hahahaha :D
Ngayal om.. kisah kaya gto mah banyak. wuakakak :v

Bois mengatakan... Reply Comment

Assalamu'alaikum... Bang Aries. :D

Kritik dan saran ya? :D

Kalo disuruh ngasih kritik sih gampang, yang susah itu kan ngasih sarannya, bingung gak tau mesti gimana. :D Maklumlah aku ini kan juga masih belajar :D

Menurutku sih isi ceritanya keren, muatannya pun positif lantaran mengingatkan untuk tidak salah dalam memilih takdir. Kekurangan yang aku temukan pun sangat wajar dan bisa diperbaiki seiring dengan berjalannya waktu untuk lebih rajin menulis dan membaca. Untuk lebih jelasnya silakan cek inbox kamu :D

Posting Komentar

Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates