0

Resiko jadi BOSS imitasi

Follow Twitter Bang Aries @putra_saboerai atau langsung KLIK DISINI
Dan jangan lupa juga kunjungi blog Bang Aries di BLOGdetik klik DISINI

Selain menjabat sebagai driver, saya juga berperan menjadi bos di lapangan, tapi bos imitasi lo.. maksud nya saya yang di percaya bos untuk mengurus bagian lapangan. atau dengan bahasa yang lebih familiar 'tangan kanan bos', soalnya saya juga gak mau jadi tangan kiri, soalnya buat  cebok. hahaha 😀
biar lebih gamblang nya kalo saya jelasin dulu bidang pekerjaan saya ini. jadi bos saya ini adalah seorang 'toke' lateks (getah) karet. Sistem kerjanya adalah, membeli hasil lateks karet dari petani (kekompok tani), untuk dijual ke pabrik. Bos saya ini orangnya super duper sibuk dan menyibukkan diri. Karena selain 'toke', dia juga seorang 'supplier' di salah satu pabrik cabang perusahaan karet terbesar di Indonesia, yang di 'kangkangi' oleh negara Thailand, apalagi kalo bukan PT.Sritrang Lingga Indonesia (SLI). Maka nya beliau tidak bisa terjun bebas ke medan tempur, alhasil saya yang alhamdulillah di tunjuk untuk mengomando dan memanajemini lapangan. soalnya diam* saya ini dulu kuliah fakultas ekonomi manajemen lo, tapi cuma sampe smester 5. hehehe 😀
Oke kembali ke topik.Jadi ada resiko yang sering membuat saya pusing menjadi bos imitasi ini. (kalo bos original sekalian si pusing nya 'nggenah').
Pertama, sering terjadi konspirasi antar toke sehingga harga yang di jatuhkan antar petani(langganan) nggak ballance, nggak singkron alias gak sehat. contoh nya gini, menurut hasil kesepakatan antara toke di wilayah desa Ramsai harga karet mingguan Rp.8000/kg, tetapi kadang ada toke yang 'manas', ini terjadi karena si toke tersebut nggak dapet barang, ahirnya  dia menaikkan harga Rp.500/kg dari harga kesepakatan, biar dia bisa dapet barang. Jelas ini nggak sehat. imbasnya antar petani saling iri, pelanggan yang biasa saya ambil dan sudah 'deal' dengan harga sesuai kesepakatan awal ahirnya protes untuk mintak dinaikkan harganya. kalo rok yg dinaikkan si sedaaaap dimata. haha 😂 ngeres lo jok... Disinilah saya mulai pusing. Saya harus negosiasi sama ketua kelompok lagi, harus negosiasi sama Big Boss, harus negosiasi sama toke* yang lain. nggak jarang di saat genting seperti ini terjadi eyel*an. Selain itu di jua diprotes sama para petani, teruta.a mbokde*. soalnya si petani biasanya nunggu karetnya di timbang dulu (mungkin takut di curangin), dan mayoritas yang nungguin adalah para mbokde*. tau sendiri kayak mana mulut nya mbokde*, embeer... peace ya mbokde, wuakaka :-D
nggak jarang juga dapet omongan agak nyelekit, biasanya omongan seperti ini jika negosiasi berjalan agak lambat. Sebenernya bukan saya yang lambat, tapi hasil kesepakatannya. Dasar aja petaninya nggak sabar, saya yang jadi korban ocehan mereka.
Beban yang kedua ini yang agak berat. Ketika susut karetnya di pabrik meledak. Melesat agak jauh dari perkiraan. Barang yang diperkirakan hanya susut 10% nggak taunya susut 15%. Big Boss gak dapet laba malah dapet rugi. Hal seperti ini yang buat kepala saya lumayan ngenyut. Sebenernya saya nggak nanggung rugi nya, tapi rasa nggak enak sama big boss, takut dikira memanipulasi barang, padahal mah enggak... Beban moral seperti inilah yang buat kepala saya ngenyut. Saya pernah pasrah dan izin untuk mundur dalam hal ini. Saya tak fokus ke nyopirnya aja. Tapi Big Boss nggak mengabulkan nya, dia selalu bilang hal seperti itu wajar terjadi, kareta dalam bisnis namanya laba dan rugi hal yang biasa, kalo mau dapet untung terus ya jangan bisnis. Kalo udah dibilangin kayak gitu baru saya agak mendingan. Dan boss juga bilang, jangan takut saya berprasangka bahwa kamu memanipulasi, saya percaya sama kamu yang terpenting jangan sekali* menyalahkan gunakan kepercayaan saya ini. Saya menunjuk kamu karena sekarang masih kamu yang saya anggap mampu memanajemeni lapangan.
Terimakasih ya boss kepercayaan nya, semoga saya nggak nakal dan bisa mengendalikan ego saya, biar nggak nyalah gunain kepercayaan.
Cukup sampao disini dulu lah, capek saya ngetik nya (cuma pake smartphone).yang ada saran atau sekedar mau nyaci maki jangan takut dan jangan sungkan tulis di komentar. Orang bijak nggak ngumpat di belakang.. hehehe ☺



0 komentar:

Posting Komentar

Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates