0

Filosofi Wayang versi 'Ngawur'

Follow Twitter Bang Aries @putra_saboerai atau langsung KLIK DISINI
Dan jangan lupa juga kunjungi blog Bang Aries di BLOGdetik klik DISINI

Wayang... Siapa yang nggak tau seni pertunjukan wayang ? Karena wayang adalah salah satu seni pertunjukan yang di wariskan oleh nenek moyang asli indonesia.
Wayang hakikat hanyalah sebuah benda mati yang dimainkan oleh seorang dalang. Wayang tidak akan mampu berbuat apa* tanpa dalang. Bagus dan jeleknya kisah yang diperankan wayang ditentukan oleh sang dalang.
Apa pelajaran yang bisa diambil dari seni budaya pertunjukkan wayang ?
Hidup yang kita jalani sekarang sebenernya bak pertunjukkan wayang. Manusia hanyalah wayang, Tuhan adalah dalang. Manusia tidak akan mampu berbuat apapun tanpa Tuhan. Bahkan hal terkecil pun digerak kan Tuhan. Contoh, kedip mata kita pun di kedipkan oleh Tuhan. "La Hawla Wala Quwwata Illa BillahLahaula Walakuata Illabillah Aliyil Adzim", bagi kita yang muslim, dari sini semuanya sudah jelas. "Tiada daya dan upaya melainkan pertolongan Allah".
Setelah saya cermati dan pahami, selama ini manusia banyak yang terjebak oleh kesirikan* kecil. Contohnya, "Saya yang menolong dia.." Coba anda pahami kalimat tadi.. kata "saya" dalam kalimat tersebut menunjukkan bahwa "saya" yang menolong dan bukan Tuhan yang menolong. Secara tidak langsung si "saya" sudah menuhankan dirinya sendiri. Semoga sampai disini anda paham dengan maksud saya.
Pelajaran selanjutnya yang bisa diambil dari seni pertunjuk kan wayang, Wayang tidak pernah menuntut dalang, wayang pasrah 'bongkok an' sama dalang. Jika dikaitkan hal ini sama dengan kata orang bijak, "Tuhan tidak selalu memberikan apa yang kita inginkan, tapi Tuhan selalu tau apa yang paling kita butuhkan..."
sebenernya masih banyak pelajaran yang bisa diambil dari wayang, tapi cukup segini aja dulu lah..
bagi kang mas yang mau menambahkan monggo bisa ditulis via komentar. Matursuwoooon..



0 komentar:

Posting Komentar

Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates